KESALAHAN-KESALAHAN YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN PADA MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (Sebagai pengganti Masa Orientasi Siswa Baru)

Saat ini sudah memasuki tahun pelajaran 2016/2017.  Tentunya setiap sekolah mempunyai program kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) sebelum para siswa tersebut mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar. Ada rambu-rambu yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kegiatan perpeloncoan yang saat ini banyak mengundang kritik dan protes dari berbagai pihak ketimbang manfaatnya. Bahkan ada pendapat yang mengatakan agar MOS dihapuskan saja karena sampai menyebabkan para siswa terluka bahkan meninggal dunia. Berikut ini yang dilarang dilakukan pada MOS atau MBPDB Tahun Pelajaran 2016/2017 sesuai Permendikbud No. 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.  Di dalam peraturan yang baru ini mengatur sangsi yang mengikat bagi ekosistem pendidikan yang ada di Satuan Pendidikan. Dengan adanya permendikbud ini, maka mulai tahun ajaran baru tahun 2016/2017 Masa Orientasi Siswa berubah namanya menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Berdasarkan peraturan tersebut, secara tegas sekolah dilarang mewajibkan siswa baru memakai atribut sebagai berikut:
1. Tas karung, tas belanja plastik dan sejenisnya.
2. Kaos kaki berwarna-warni tidak simetris, dan sejenisnya.
3. Aksesoris di kepala yang tidak wajar.
4. Alas kaki yang tidak wajar.
5. Papan nama yang berbentuk rumit dan menyulitkan dalam pembuatannya dan/atau berisi konten yang tidak bermanfaat.
6. Atribut lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Secara tegas juga disebutkan aktivitas yang tidak boleh dilakukan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain:
1. Memberikan tugas kepada siswa baru yang wajib membawa suatu produk dengan merk tertentu.
2. Menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat (menghitung nasi, gula, semut, dsb.)
3. Memakan dan meminum makanan dan minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru.
4. Memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik seperti menyiramkan air serta hukuman yang bersifat fisik dan/atau mengarah pada tindakan kekerasan.
5. Memberikan tugas yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan serta membawa barang yang sudah tidak diproduksi lagi.
6. Aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Selengkapnya dapat dilihat atau didownload file berikut lampirannya di bawah ini.










Komentar

  1. Merkur - The Best Quality Online Gaming Supplier
    Merkur 메리트 카지노 쿠폰 - The 인카지노 Best Quality Online Gaming Supplier. Top deccasino quality online gaming supplier with hundreds of products including top

    BalasHapus

Posting Komentar