WOSM (World Organization Of The Scout Movemement)


WOSM (World Organization Of The Scout Movement) adalah organisasi internasional yang mengorganisir organisasi-organisasi kepanduan yang ada di negara-negara seluruh dunia. WOSM didirikan tahun 1920 dan berkantor pusat di kota Genewa, Switzerland. Misi dari WOSM adalah memiliki kontribusi terhadap pendidikan dan pembinaan generasi muda, melalui sistem berdasarkan pada Janji dan Darma Pandu, untuk membangun dunia menjadi lebih baik menjadi individu  yang mandiri dan berfikir positif dalam masyarakat.

ARTI LAMBANG WOSM



           a. Kompas, melambangkan suatu peringatan bagi pramuka agar selalu berbuat     kebenaran dan  dapat dipercaya seperti fungsi kompas, tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai  petunjuk jalan.
           b. Tiga ujung simbol, melambangkan tiga janji pramuka.
           c. Dua bintang, melambangkan anggota pramuka berupaya untuk dapat memberi      penerangan  dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
           d.Tali melingkar yang ujungnya membentuk simpul mati, melambangkan bahwa sesama  pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar pramuka di seluruh  dunia.

           1. Warna lambang putih, melambangkan bahwa pramuka berhati suci;
           2. Warna dasar ungu, melambangkan bahwa pramuka memiliki   keterampilan  
               kepemimpinan  dan suka menolong orang lain.
                   

Komentar